Rabu, 06 Agustus 2014

Arti Din

Kita sudah membahas Agama dari segi Bahasa Indonesia maupun Inggris, sekarang kita mencoba mengkaji secara pendekatan kebahasaan (pendekatan etimologi) dari bahasa Arab. Ya, Di dalam al-Munjid dapat kita temukan keterangan tentang arti Din sebagai berikut :
1. al-Jaza wal al-Mukafaah: (balasan dan pahala)
2. al-Qadha: (ketentuan)
3. al-Malik/al-Muluk wa as-Sulthan: (Kekuasaan)
4. al-Tadbir: (Pengaturan)
5. al-Hisab: (Perhitungan). 
Kemudian ada lagi keterangan dri H. Moenawar Chalil, kata "din" itu masdhar dari kata kerja "daana" - "yadinu". Menurut lughat, kata "din" itu mempunyai arti bermacam-macam antara lain :

1) Cara atau adat kebiasaan. 2) Peraturan. 3) Undang-undang. 4) Taat atau patuh. 5) Menunggalkan ketuhanan. 6) Pembalasan. 7) Perhitungan. 8) Hari Kiamat. 9) Nasehat. 10) Agama.
(Moenawar Cholil, Definisi dan Sendi Agama, Bulan Bintang, Jakarta 1970:hlm 13)
Masing-masing mempunyai pendapat dan pandangan tentang apa itu arti Din. Tetapi saya akan membuat titik tekan bahwa arti Din itu sendiri adalah Ketaatan dan Kepatuhan. Patuh kepada yang Satu. Hanya itu saja.
Saya kira jika kita memperdebatkan arti agama, religion, dan din mempunyai korelasi yaitu ketundukan dan ketaatan kepada Yang Satu. Dari sini maka akan membawa kita memahami bahwa kata Islam yang berarti pasrah kemudian juga tunduk kepada perintah maupun larangannya Allah SWT. Saya kira seperti itu lebih jelasnya nanti kita kaji lebih jauh.


Salam
Al-Faqir ibn al-faqir

Saya Sarankan Anda Baca Juga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar