Senin, 04 Agustus 2014

Mencari Arti Agama

Didalam buku H. Endang Saifuddin Anshari M.A, yaitu Agama dan Kebudayaan, disana menarik untuk kita kaji dalam subjudul Agama. Memang benar Agama itu sendiri sulit untuk diberikan arti yang pas dan arti yang dapat diterima. "Barangkali tidak ada kata yang paling sulit diberi pengertian dan definisi selain dari kata "Agama",". Demikian Prof. Dr A. Mukti Ali memulai ceramahnya berjudul "Agama, Universitas dan Pembangunan" di IKIP Bandung 4 Desember 1971. Selanjutnya dikatakannya :
"Paling sedikit ada tiga alasan untuk hal ini. Pertama, karena pengalaman agama itu adalah soal batini dan subyektif, juga sangat individualistis. Alasan Kedua ialah, bahwa barangkali tidak ada orang yang berbicara begitu bersemangat dan emosionil lebih daripada membicarakan agama, maka dalam membahas tentang arti agama selalu emosi yang kuat sekali hingga sulit memberikan arti kalimat agama itu.
Alasan Ketiga ialah, bahwa konsepsi tentang agama akan dipengaruhi oleh tujuan orang yang memberikan pengertian agama itu." (A. Mukti Ali, Agama, Universitas dan Pembangunan, Badan Penerbitan IKIP, Bandung, 1971:hlm 4)
Dari papara Prof. Dr A. Mukti Ali memang benar adanya. Sangatlah sulit jika kita ingin mengartikan Agama itu sendiri, akan tetapi menghadapi kenyataan tersebut tidak usah diartikan, bahwa kita tidak harus berikhtiar untuk memahami dan merumuskan "Agama" itu sejauh kemampuan kita.



Salam
Al-Faqir ibn al-faqir

Saya Sarankan Anda Baca Juga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar